25 Oktober 2012

ANTARA OBAT KIMIA DAN HERBAL



Mungkin anda pernah bingung ketika memilih obat,mungkin anda juga pernah bertanya sebenarnya mana yang lebih baik antara obat kimia dengan obat herbal?
Disini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tetang kimia dan herbal. Tetapi sebelumnya saya ingin bertanya terlebih dahulu, “apa itu kimia?” dan “darimana kimia berasal?”.
 Setelah saya googling,ternyata kimia berasal dari bahasa arab yaitu “Al-kimiya” yang di maksudkan pada “tanah hitam dari mesir”.
Tentu kita sering mendengar bahwa obat herbal (tradisional) itu berasal dari alam (tumbuhan),lantas berasal darimana obat kimia?.
Sekarang silahkan anda mengingat aktivitas anda sehari-hari mulai dari bangun tidur,anda berwudhu,menggosok gigi,kemudian mandi memakai sabun,mungkin anda memakai parfum hingga anda sarapan dan melakukan aktivitas lainnya. Bukankah pasta gigi,sabun mandi,parfum,dan makanan yang anda makan,semua itu mengandung bahan kimia?. Bukankah benda padat,cair dan gas semua itu berasal dari alam?. Ternyata hidup kita banyak di kelilingi zat kimia,tetapi mungkin kita tidak menyadariniya.
Pada hakikatnya kimia dan herbal berasal dari alam, yang membedakan hanyalah cara pembuatannya.
Perbedaannya,obat kimia dosisnya ditentukan dan lebih akurat,teruji klinik dan preklinik berbeda dengan obat herbal dosis nya yang kurang akurat,tidak teruji klinik dan preklinik. Tetapi memang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan,kelebihan obat tradisional ia lebih aman,jika dikonsumsi terus menerus efek samping relatif ringan bahkan hampir tidak ada efek samping,akan tetapi terapi penyembuhan cukup lama. Sebaliknya dengan obat kimia proses panyembuhannya lebih cepat,tetapi jika dikonsumsi terus menerus akan menimbulkan efek samping tertentu.
Adapun jika anda masih bingung mana yang lebih baik,itu dikembalikan kepada individu masing-masing. Saran saya jika penyakit anda ringan dan hanya memerlukan pengobatan jangka pendek, lebih baik anda memakai obat kimia,tetapi jika penyakit anda cukup berat dan memerlukan pengobatan jangka panjang,lebih baik anda menggunakan obat herbal,karena jika anda memilh obat kimia ditakutkan akan menimbulkan efek samping yang cukup berat dan membahayakan. Itu hanya saran saya,jika anda lebih yakin dan berpengalaman dengan salah satunya itu akan lebih baik.
Sampai disini informasi dari saya,selebihnya silahkan anda cari referensi yang lain supaya lebih yakin.
Semoga bermanfaat!
 
Template designed using TrixTG